Jutaan Bakteri Membahayakan dan Mematikan di Produk Makeup ditemukan dalam penelitian

Jutaan Bakteri Membahayakan dan Mematikan di Produk Makeup ditemukan dalam penelitian
Jutaan Bakteri Membahayakan dan Mematikan di Produk Makeup ditemukan dalam penelitian

Apabila anda tak kerap kali membersihkan kuas rias dan spons makeup, kemungkinan besar kulitmu telah bersentuhan dengan kuman, bakteri dan jamur yang berpotensi menimbukan masalah kesehatan.

Sebuah penelitan yang belum lama ini diterbitkan di Journal of Applied Microbiology, memperhatikan kuman, bakteri dan jamur pada 467 alat kosmetika dan alat rias populer termasuk lipstik, eyeliner, maskara, pelembab bibir, kuas dan spons make-up.

Secara mengagetkan, 70-90 persen dari produk-produk itu telah terkontaminasi oleh jamur dan bakteri termasuk E.coli dan Staphylococcus aureus. Lebih mengkhawatirkan, peneliti menemukan spons kecantikan yang kerap kali dipakai untuk aplikasi foundation atau concealer merupakan produk yang paling banyak mengandung jamur.

Mengutip Insider, peneliti menemukan kontaminasi yang demikian disebabkan orang tak membersihkan atau mengganti secara berkala produk mereka dan bukan penyebab seketika dari make-up itu sendiri.

"Praktik kebersihan yang buruk saat memakai makeup khususnya spons, benar-benar mengkhawatirkan. Terutamanya kami menemukan kuman, bakteri E.coli yang berhubungan dengan kontaminasi tinja pada produk yang kami uji," ujar Amreen Bashir, PhD, peneliti di studi itu.

Produk kecantikan kemungkinan tak tercemar ketika orang membelinya. Tetapi banyak orang yang menggunakan produk melewati dari tanggal kedaluwarsa yang menyebabkan bahan anti-kuman/ bakteri dalam produk kehilangan kemanjurannya.

Daripada itu, risiko terkontaminasi kuman, bakteri dan jamur juga akan lebih tinggi pada mereka yang tak mencuci perlengkapan make-up secara teratur.

Walaupun jamur dan kuman/ bakteri pada produk-produk ini tak senantiasa menyebabkan infeksi, mereka bisa masuk ke luka terbuka dikala seseorang sedang merias wajah. Ini bisa menyebabkan infeksi, termasuk yang resisten kepada} antibiotik dan maka dari itu susah untuk diobati dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Related Posts:

0 Response to "Jutaan Bakteri Membahayakan dan Mematikan di Produk Makeup ditemukan dalam penelitian"

Posting Komentar