11 Metode Merawat Wajah Sehari-hari Supaya Senantiasa Sehat.

11 Metode Merawat Wajah Sehari-hari Supaya Senantiasa Sehat.
11 Metode Merawat Wajah Sehari-hari Supaya Senantiasa Sehat.

Perawatan wajah tentu semestinya dikerjakan cocok dengan tipe kulit dan permasalahannya. Tetapi sebelum membangun skincare routine yang lebih rumit, kalian mesti memahami dasar-dasar metode merawat kulit.

Prinsip perawatan wajah yang kalian terapkan ini dapat menjaga kulit kalian agar bersih, indah dan sehat terlepas dari apa saja tipe kulit kalian. Kecuali itu, perawatan wajah sehari-hari ini dapat mencegah persoalan kulit yang menjengkelkan seperti kulit kusam, berjerawat, keriput dan bintik-bintik hitam di wajah.

Berikut 11 metode merawat wajah sehari-hari supaya senantiasa sehat dan nampak awet muda :

1. Cuci Muka dengan Benar
Mencuci muka dengan metode yang salah dapat mengakibatkan kulit kalian tampak lebih kusam dan berminyak. Supaya ketika mencuci muka kalian dapat membersihkan wajah dengan maksimal pastikan kalian mencuci tangan khususnya dulu, bersihkan makeup dan sunscreen serta gunakan sabun cuci muka yang lembut dan tak membikin kulit terasa kering dan ditarik.

Sesudah mencuci muka, keringkan dengan metode menepuk wajah secara lembut memakai handuk atau kain bersih sampai sisa air mengering. Cuci muka kalian setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Pakai Serum
Serum wajah dapat seketika menargetkan permasalahan kulit yang lebih spesifik. Umpamanya apabila kalian mau melawan hiperpigmentasi dan bekas jerawat dapat pakai serum vitamin C. Walaupun untuk membikin wajah awet muda kalian dapat pakai retinol atau retinoid.

3. Gunakan Pelembab
Sesudah memakai serum, lanjutkan dengan menerapkan pelembab. Segala tipe kulit patut memakai pelembab, termasuk kulit berminyak. Pilih pelembab wajah yang non-comedogenic supaya tak menyumbat pori-pori.

4. Jangan Lupa Sunscreen
Metode merawat wajah sehari-hari lainnya ialah pakai sunscreen ketika berkegiatan di luar ruangan. 15 menit sebelum keluar rumah, pakai sunscreen minimal SPF 30. Paparan cahaya sang surya berlebih dapat menyebabkan wajah segera keriput dan timbul bintik-bintik hitam di kulit.

5. Jangan Mengisap Rokok
Mengisap Rokok dapat membikin kulit kelihatan lebih tua dan berkeriput. Tak cuma itu, mengisap rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, dua bagian yang berkontribusi kepada kelenturan dan daya kulit.

Mengisap Rokok juga bisa mengecilkan pembuluh darah yang ada di lapisan luar kulit, sehingga mengurangi aliran darah dan membikin kulit tampak pucat. Hal ini juga dapat mengurangi pasokan oksigen dan gizi yang penting untuk kesehatan kulit.

6. Jaga Tingkatan Stres
Stres yang tak terkendali dapat membikin kulit menjadi lebih peka sampai timbul jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Hal ini terjadi sebab stres meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat membikin kulit menjadi lebih berminyak. Untuk menyelesaikannya, lakukan upaya manajemen stres seperti yoga, latihan pernafasan dan meditasi.

7. Jangan Sentuh Wajah dengan Tangan
Meraba wajah dengan tangan yang tak bersih dapat membikin bakteri di tangan bermigrasi ke wajah. Alhasil permasalahan kulit dapat menjadi lebih parah. Untuk mencegah bakteri dan kuman bermigrasi, senantiasa cuci tangan sebelum menyentuh wajah.

8. Jangan Pencet Jerawat
Kalau wajah kalian berjerawat, jangan sekali-kali memencet untuk mengeluarkan isinya. Memencet jerawat dapat menyebabkan kotoran dan bakteri dari tangan masuk lebih jauh ke dalam kulit dan dapat menyebabkan infeksi.

Jerawat yang dipencet dapat menjadi sembab, kemerahan, luka pun malah luka bopeng. Apabila wajah kalian berjerawat, rawat dengan obat jerawat atau tea tree oil.


9. Rajin Ganti Sarung Bantal
Sarung bantal yang jarang diganti dapat menjadi daerah bertumpuknya kotoran dan minyak dari lingkungan sekitar. Kotoran, minyak dan peluh ini juga berasal dari rambut dan kulit kalian, dan dapat bermigrasi kembali ke kulit. Sebaiknya ganti atau cuci sarung bantal setiap 7-10 hari.

10. Tidur yang Cukup
Ketika kalian tidur malam adalah waktu bagi kulit untuk membetulkan dirinya sendiri. Seandainya kalian kurang tidur dapat menyebabkan stres dan munculnya hormon kortisol dan adrenalin yang dapat mengakibatkan jerawat. Jadi sebisa mungkin tidur selama 7-8 jam tiap malam supaya kulit sehat.

11. Makan Makanan Sehat
Metode merawat wajah secara natural lainnya ialah dengan makan makanan sehat. Makan banyak buah, sayur, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Jangan lupa banyak minum air putih untuk menjaga supaya kulit tak dehidrasi.

Related Posts:

0 Response to "11 Metode Merawat Wajah Sehari-hari Supaya Senantiasa Sehat."

Posting Komentar